Pengalaman dengan Sebagian Liberal

Seorang pengarang terkenal, yang biasanya dicap “liberal”, memfitnah saya dengan bercerita kepada seniman di Taiwan, bahwa saya telah ikut politik radikal Islam.

Untung teman setia itu tabayun, tanya kepada saya. Saya jelaskan bahwa yang kami perjuangkan adalah keadilan sosial, setidaknya dalam perumahan dan mencegah penggusuran. Dan rasa keadilan sosial itu sekarang kuat di masyarakat menengah ke bawah, yang tentu saja kebanyakan beragama Islam di negeri ini. Tentu saja kami bekerjasama dengan mereka.

Teman itu menyerukan kesimpulan, “O, jadi mereka (yang liberal) yang justru obsesif dengan agama ya, sehingga tidak bisa melihat isu-isu kongkrit”.

Seorang mantan kekasih pengarang terkenal yang lain mencoba menjelaskan kepada saya, bahwa menurut pengarang terkenal yang lain ini, “kebebasan harus nomor satu”.

Dalam hati, bagaimana mungkin ada kebebasan sejati kalau di depan mata kita ada ketidakadilan sosial, yang sejatinya pula dapat kita ubah secara struktural, bila saja kita mau keluar dari zona nyaman kaum berpendidikan kita?

Yang lain, kebetulan pengarang lagi, mengatakan “kebebasan ya kebebasan, satu saja, untuk semua”.
Saya berupaya mengatakan, “kebebasan modal perorangan berbeda dengan kebebasan manusia, sebab yang pertama itu dapat mengancam yang kedua; lihat saja akibatnya kini, ketidakadilan yang bahkan menghancurkan martabat manusia.”

Untunglah ada juga liberal yang mulai berubah, biasanya yang tidak fobia kepada Islam. Mereka mulai melihat ada yang salah pada kedigdayaan modal pada neoliberalisme, yang sebenarnya baru saja, mulai awal tahun 1980an. Saya beruntung saja, di akhir tahun 1980an dan awal 1990an saja sekolah-sekolah
perencanaan di Eropa sudah mendeteksi dan meneliti kasus-kasus ketidakadilan di sana. Kuliah umumnya terdiri dari kajian kasus demikian.

Apakah kini adalah titik balik yang tepat, yang harus kita isi dengan arus balik?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s