PESIMISME MOBILITAS MUDIK

July 10, 2016 · 

Saya ikut berduka atas kekacauan arus mudik yang bahkan telah menyebabkan kematian.

Saya bersedih karena perkiraan saya untuk 5 tahun ke depan bersifat pesimis juga.

Selama sistem angkutan darat masih tergantung pada jalan, mobilitas mudik dan arus baliknya tak akan terlayani dengan baik. Pertumbuhan kelas menengah dan daya belinya kelihatannya meningkat pesat (adakah teman-teman yang punya angka?). Karena itu, juga mobilitasnya. Dugaan saya lagi, infrastruktur jalan yang dibangun terus tidak akan mampu mengejar pertumbuhan itu, karena memang begitu sifat jenis infrastruktur ini. Dalam keadaan rutin saja (bukan peristiwa tahunan seprti mudik) kota-kota kita dan berbagai kawasan setidaknya di Jawa sudah kewalahan.

Kemudahan dan kelimpahan modus angkutan lain, terutama penerbangan, kelihatannya juga meningkatkan jumlah pemudik di darat.

Selain itu muncul juga kecenderungan mudik dengan tujuan majemuk: kampung orang tua, mertua, dan lain-lain. Dengan kemudahan penerbangan dan kenaikan daya beli, sangat mungkin pula menggabungkan mudik dengan wisata liburan setengah tahunan atau tahunan. Sementara itu tiap jalan tol baru membuktikan pula “induced traffic” yang selalu melampaui proyeksi kapasitasnya.

Faktor terakhir adalah tingkat migrasi ke kota-kota lebih besar (bukan hanya Jakarta). Makin besar hal ini setiap tahunnya, akan menambah jumlah pemudik di tahun berikutnya.

Solusi?

Prinsip-prinsip terkandung implisit di atas. Detailnya tergantung pada angka-angka. Semoga ada yang bisa sampai membuktikan sebaliknya menjadi optimisme.
Bagaimanapun, ini adalah pristiwa tahunan, yang mungkin dapat dicarikan jalan keluarnya setahun sekali saja.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s