Pesimis

Kalaupun umat manusia berhasil menekan perubahan iklim untuk tak mencapai 1,5* C kenaikan temperatur sebelum 2030, sangat kecil ada kontribusi bangsa Indonesia.

Dalam beberapa hari berurutan saya menyaksikan hal-hal yang membuat saya depresi:
– Orang buang sampah dari dalam mobil ke jalan di kawasan Setiabudi, Jakarta. Hal yang merupakan kebiasaan lama, tapi melihatnya hanya beberapa hari yang lalu rasanya aneh betul.
– Di dalam pesawat anak muda klimis berdandan baik menyalahkan HP justru ketika ada pengumuman jangan menyalahkan HP karena pesawat sedang mengisi bahan bakar sebelum berangkat, dan ketika pengumuman untuk bersiap mendarat.
– Dan bukankah kita semua ingin pertumbuhan ekonomi mencapai 7%? Dari apa kalau bukan dari eksploitasi tambang, kelapa sawit, perikanan, dan infrastruktur yang boros energi tak terbarukan, padat bahan impor, dan riuh emisi.
– Media sosial makin meragkan dapat menjadi alat gerakan sosial. Lebih banyak like dan RT hal-hal yang kontroversial ketimbang hal-hal baik. Lihat saja TL twitter saya hari ini. Makin tak masuk akal suatu kebohongan atau berita palsu, makin dipercayai. (Misalnya baru-baru ini ada kabar seolah seluruh Tam Ismail Marzuki mau dijadikan hotel). Kalau benar “orang kecil bicarakan orang, orang sedang bicara kejadian, orang besar bicarakan gagasan”, maka sedikit sekali orang besar di masyarakat umum kita.

E, jadi ingat buku Mochtar Lubis yang lampau tentang sifat-sufat buruk “Manusia Indonesia” yang dituliskannya di fasilitas Rockefeller Foundation di tepi Lago Como, Bellagio, dekat Milano.

Beban depresif terberat adalah kenyataan bahwa kesenjangan antara kaya dan miskin makin melebar, jutaan orang akan (tetap) miskin, terugikan, menderita, tidak akan mendapatkan pelayanan serta menderita paling parah akibat perubahan iklim.

Dan tidak ada lagi yang dapat kulakukan. Masaku sudah lewat, dan aku telah mejadi tidak relevan lagi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s