Hati Sumpah Pemuda

Ditulis 28 Oktober 2013, diingatkan FB. Masih berlaku. Makin berlaku rasanya.

Hari Sumpah Pemuda ini mengingatkan ketuaanku; dan lebih penting lagi: kewajiban terakhir di usia senja, yaitu membantu kaum muda. Tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, ing ngarsa sung tuladha. Sebenar-benarnya itu tidak mudah dan takut salah dengan sebab utama: tiap jaman punya kaum mudanya sendiri, yang belum tentu dipahami oleh kaum muda di masa sebelumnya, yang kini telah menjadi kaum tua, out-going.
Kejadian akhir-akhir ini di sekelilingku mencakup beberapa kasus konflik antara yang muda dan yang tua, misalnya apa yang terjadi di Badan Pelestari Pusaka Indonesia (BPPI).
Aku tentu tidak punya ilusi bahwa tiap-tiap orang muda itu baik. Kita semua sudah terlalu banyak pengalaman tentang koruptor-koruptor muda.
Tetapi, di dalam lingkungan normalku, kurasa layak kuanggap bahwa bagaimanapun masa depan milik mereka. Apa yang telah kita buat dan kita capai, harus kita relakan untuk mereka perbaiki, rombak, hancurkan, tinggalkan, bangun kembali baru — pendek kata apa saja yang akhirnya mereka putuskan perlu dilakukan. Yang dapat dilakukan yang outgoing hanyalah persis yang dikatakan Ki Hajar Dewantara. Alangkah benar beliau!
Keputusan ada di tangan yang akan mewarisi ruang dan waktu masa depan.
Yang outgoing harus ikhlas.

Hari Sumpah Pemuda juga mengingatkan betapa murah hati orang-orang terdahulu telah membantuku ketika muda. Sebagian sudah pergi, sebagian mereka masih hidup, masih ing madya mangun karsa, masih tut wuri handayani, masih ing ngarsa sung tuladha. Kepada mereka semua aku ingin mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati. Aku ingin salim mereka semua. Keikhlasan dan kemurahan hati kalian tidak akan kulupakan. Kalian membangunkan yg baik pada diriku, meskipun buruknya masih lebih banyak hingga sekarang.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s