Kantong…dan lain-lain yang berlebihan.

Mungkin banyak keluarga kini mengalami ini: punya banyak sekali kantong lipat yang dimaksudkan sebagai pengganti kantong plastik. Banyak yang gratis sejak dikampanyekan bahwa kantong yang dapat dipakai banyak kali ini ramah lingkungan.

Yang mulai berlimpah-limpah adalah juga botol minum segala gaya dan bahan, yang katanya lebih baik sebagai pengganti air kemasan.

Tapi kalau jadi banyak begini, apa emisi karbon-nya tidak malah melampaui apa yang mau digantikan ya, yang katanya tak baik karena menyebabkan emisi karbon?IMG_3759.JPG

Saya merasa bagaimanapun yang penting itu akhirnya mengurangi kebutuhan apa-apa, bukan hanya mengantikan cara dan alat yang satu dengan yang lain untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat.  Sekarang orang sibuk juga menciptakan pengganti sedotan minuman plastik dengan segala macam bahan lain dan ada juga yang dapat dipakai berulang-ulang….tapi lalu harus dibuat juga alat-alat untuk membersihkannya….hahaha. Mengapa tidak minum saja langsung dari gels atau cangkir seperti dulu. Tokh misalnya kalau minum kopi juga masih langsung dari cangkir.

Saya mau kutip nasehat yang dimuat di di dalam surat wasiat (testamen!!) dari Majoor  The Goan Tjing (1795-1851) ini kepada anak-anaknya: (dikutp dari Onghokham, Riwayat Tionghoa Peranakan di Jawa, 2017:43)

“Papa pesen pada anak-anak, dalem segala perkara djangan pake ongkos lebi banjak dari apa jang paling perloe sadja; kaloewarkenlah sadja ongkos jang patoet, maski sedikit, itoe jang paling baek.”

 

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s