Apa Hubungan antara Pak Harto Memancing dan Becak?

Riset Irwan Ahmett Tita Salina Jorgen Doyle Hannah Ekin yang dipaparkan tadi sore di Museum Sejarah Jakarta mengingatkan bahwa banyaknya ikan kakap merah di lokasi diantara Selat Sunda dan Teluk Jakarta itu dikarenakan rumpon dari becak-becak yang dibuang di sana pada tahun 1980an.

Profesi tukang becak mungkin dianggap ancaman bagi politik massa mengambang Orba. Tukang becak yang baru datang dari desa mungkin polos, apolitis dan “mengambang”. Namun, setelah sekian lama di kota dan terpapar perbedaan kaya-miskin dan realitas perkotaan lainnya tidak mustahil akan mengembangkan kesadaran politik dan meng-organisasi-kan diri. Kenyataannya memang ada beberapa LSM yang bekerja mengorganisasikan mereka. Tukang becak itu sama dengan marhaen lainnya, warga rakyat yang independen karena (sebagian) menguasai alat produksi sendiri, bebas dan mobilitasnya tinggi. Becak adalah alat hunian dan mobilitas merdeka sekaligus.

Namun, wacana lain yang dikembangkan tentang becak adalah juga: Becak itu keterbelakangan, tidak manusiawi, jorok, tidak tertib, terutama mengganggu lalu lalang mobil-mobil kelas para ndoro Jakarta yang baru terbentuk di tahun 1980an itu. Becak itu tidak modern, melawan proses kapitalisme (yang sering diberi baju “modernisasi”) pembangunan. Sebaliknya citra ini juga sering dikaitkan dengan welas kasih elit dan kelas menengah. Maka banyak tokoh menempelkan citranya sebagai orang penuh welas asih terhadap tukang becak yang, katakanlah meskipun “terbelakang”, tapi layak dibantu. Ingat ketika Pak Wiranto menyamar sebagai tukang becak dan lalu memberikan becaknya (dan uang tunai?) kepada tukang becak sesama “rekannya” di tempat mangkal, sesudah mengobrol dan membongkar samarannya sendiri?

Namun, mana dari kedua wacana itu yang menjadi sebab dan akibat atau bahkan samaran (disguise)?

Apa pendapat Anda?

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s