RUANG PUBLIK DAN AGAMA

Posting lama dari FB:

Tentang peristiwa pembubaran ibadah di Bandung saya tak dapat memberikan komentar dari sudut pandang agama, karena selamanya saya merasa pengetahuan saya tentang agama selalu kurang. Saya masih terus belajar mengikuti saran Ashoka: wajib bagimu mempelajari kebajikan-kebajikan dari agama-agama lain yang bukan agama yang kau anut.

Tapi ada cerita dari sudut pandang kekotaan (dan arsitektur).

Bangunan ibadah sewajarnya memang tidak dirancang untuk kapasitas puncak ketika ada peristiwa-peristiwa besar keagamaan. Kalau itu dilakukan maka akan tidak efisien, yaitu akan cukup kosong di hari-hari ibadah biasa. Karena itu, misalnya selalu ada halaman yang cukup besar pada kebanyakan rumah ibadah untuk menampung luapan peserta ibadah pada hari-hari istimewa. Cara lain: Memanfaatkan ruang publik, ruang bersama, secara bergiliran. Sebaliknya juga dapat dikatakan: Halaman-halaman rumah ibadah juga menjadi ruang publik di hari-hari biasa.

Apakah pemanfaatan ruang publik bagi kegiatan keagamaan tidak mengganggu netralitas ruang publik?

Menurut hemat saya: Tidak! Saya percaya ruang publik adalah ruang orang bergaul, saling menawarkan nilai-nilai yang baik. Netralitas ruang publik tidak berarti steril. Sterilitas ruang publik justru mengingkari hakekat ruang publik itu sendiri. Ruang publik adalah tempat kita mempraktikkan keadaban masyarakat sipil dalam terus menerus mencari kebajikan bersama. Karena itu ekspresi keagamaan di ruang publik baik-baik saja. Hanyalah tentu perlu syarat: Toleransi dari pihak yang sedang berekspresi maupun yang sedang tidak, dan kesediaan juga untuk mengalami kritik.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s