SEMARANG KOTA KARSTEN

Kebakaran Pasar Johar, Semarang, mungkin bisa jadi wanci untuk memikirkan pemeliharaan karya-karya Thomas Karsten di seluruh Semarang, dari Mlaten sampai Candi Baru.

Semarang memang kota Karsten. Ini kota tempat ia mulai, yang memiliki paling banyak karyanya.

Bukan hanya banyak, tapi beragam: dari rumah kecil-kecil di Mlaten sampai yang besar-besar di Candi Baru; juga bangunan umum seperti Pasar Johar itu dan Teater Rakyat Sobokarti, serta tentu saja penataan beberapa kawasan kota, menyambungkan satu dengan lainnya dengan persimpangan bercabang banyak yang menjadi cirinya, dst…

Ia juga menggenggam pengalaman berhadapan dengan tuan-tuan tanah Cina dan Arab di Semarang dan sekitarnya, suatu pengalaman tentang masalah penting perencanaan kota: kepemilikan tanah.

Karsten kemudian memang pindah ke Bandung, tapi kemungkinan besar karya terpentingnya juga mulai digarap di Semarang: Undang-undang ketatakotaan AV40.

Undang-undang itu ditinggalkan pada masa jaya Orde Baru karena dianggap ketinggalan jaman, tidak mendukung dinamika pembangunan.

Semua karya itu mungkin karena Semarang yang semarak pada dasawarsa-dasawarsa awal abad ke-20, sesudah menjadi kotamadya otonom di awal 1900an.

Kenangan akan Karsten dan karyanya adalah kenangan akan kejayaan Kota Semarang. Kenangan akan suatu masa kemakmuran ketika setidaknya perumahan kaum miskin kota dipikirkan secara progresif oleh arsitek, ketika bangunan publik diberi nilai arsitektur yang tinggi, kesenian rakyat dibuatkan tempat yang terhormat dengan inovasi arsitektur, dan para insinyur arsitek gembira serta bangga akan sumbangsihnya kepada masyarakat.

Pasar Johar hanyalah salah-satunya. Karena itu pentingnya. Karena itu pula pentingnya mengingat yang lain-lainnya.

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s