Koleksi Atlas Jakarta oleh Gunther Holtorf

Adakah yg mau pelajari sejarah citra Jakarta dari atlas tua #KoleksiAtlasHoltorf ini?

Yang tahun 2001, ketika pertama kali dijital dan dibajak oleh sebuah penerbit besar, ada tanda tangan dari pembuatnya, sahabat Gunther Holtorf.

Mau tahu bagaimana caranya pembuat peta tahu kalau karyanya dibajak? Ada keterangan tak bermakna atau salah yang sengaja ditorehkan di halaman tertentu. 😁

Sebenarnya saya sedih sekali di tahun 2001 itu ketika Gunther bilang atlas-nya dibajak oleh salah satu penerbit terbesar di Indonesia. Atlas itu dia buat penuh ketekunan sejak tahun 1970an selama kurang lebih 20 tahun hidupnya di Jakarta sebagai kepala perwakilan Lufthansa. Saya bilang Anda ini Jerman sekali. Setiap akhir-pekannya digunakan untuk keliling Jakarta guna membuat peta itu.

Dia berupaya bicara baik-baik kepada penerbit, juga dengan menunjukkan bukti bagaimana ia tahu itu bajakan. Tapi tak ada penyesalan maupun permintaan maaf. Mengapa tidak ke pengadilan? Dia tidak mau ribut, lagipula “saya cinta negeri ini, buat apa saya pensiun dengan ribut-ribut…”

Saya sedih dan malu membayangkan sifat buruk bangsa saya, yang tak menghargai kerja keras Gunther, dan mungkin tak mengharga seluruh konsep “kerja keras dan tekun” seperti orang Jerman dan Jepang. Tak tahu malu cuma mau uang saja di atas kerja orang lain.

Hibah baru kepada Pustaka Ruang Jakarta

26168107_10156118194138708_6456152811846754986_n.jpg

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s