SOLUSI TEMPAT TINGGAL JAKARTA.

Jakarta

Salah satu masalah utama Jakarta adalah harga hunian di pusat-pusat kota yang makin tidak terjangkau oleh mayoritas pekerja. Dampaknya meluas ke berbagai sektor lain.

  • Mayoritas pekerja terpaksa harus tinggal di pinggir-pinggir kota, makin jauh dan makin jauh dari pusat-pusat kota tempat mereka bekerja.
  • Akibatnya biaya transportasi rutin (dari tempat tinggal ke tempat kerja) menjadi sangat tinggi, yaitu mencapai antara 15% hingga 35% dari penghasilan. Seharusnya maksimum 10 % saja sehingga masih ada kemungkinan menabung.
  • Masih banyak hunian yang menjadi kumuh karena tidak terlayani oleh kepadatan sarana dan prasarana serta luas lantai terbangun (bukan lahan) yang cukup, karena investasi yang menjauh ke pusat-pusat kota pula, menghasilkan urban sprawl

Solusi utamanya adalah sebagai berikut:

  • Tingkatkan pasokan tempat tinggal yang terjangkau untuk mayoritas pekerja Jakarta di berbagai kawasan di pusat-pusat kota Jakarta.
  • Ini dapat dilakukan dengan meningkatkan Koefisien Lantai Bangunan (KLB) di kawasan-kawasan di antara jalan-jalan arteri menjadi 3 atau 4 maksimum.
    KLB = perbandingan antara luas lantai terbangun dengan luas lahan tempat luasan lantai itu dibangun.
  • Ini akan secara masif menambah pasokan tempat tinggal di dalam Jakarta, dan mengerem, bilapun tidak menghentikan, kenaikan harga spekulatif yang sekarang berlebihan.
  • Pada saat bersamaan, dengan memanfaatkan nilai tambah yang terjadi, kawasan-kawasan ini dapat ditata dan diberi sarana dan prasarana yang mencukupi, termasuk jalan-jalan kolektor (untuk digunakan angkutan umum), air bersih terpipa dan pelayanan perkotaan lainnya.
  • Pemberian ijin penambahan koefisien lantai bangunan ini tak boleh melebihi 4, karena bila lebih akan menyebabkan pengambil-alihan kawasan oleh pengembang besar dan mayoritas pekerja akan tergusur lagi. Penambahan KLB ini juga dibatasi khusus untuk fungsi hunian terjangkau saja sampai setidak-tidaknya lima tahun mendatang.

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s