SOLUSI MOBILITAS JAKARTA

1503245_10152173292608708_1328298370_n.jpg

Ada tiga program solusi masalah mobilitas Jakarta:

1. Perbaikan rekayasa dan manajemen semua sistem transportasi yang ada. Tujuannya: meningkatkan kapasitas yang ada dengan memperbaiki hal-hal detail.

2. Bangun sistem angkutan umum besar-besaran. Mulai dengan angkutan berbasis bus. TransJakarta harus ditingkatkan menjadi tiga kali kapasitasnya yang sekarang. Selanjutnya bangun sistem berbasis rel. (Jakarta hanya memiliki sekitar 200 km rel; sementara Tokyo pada luasan dan jumlah penduduk yang serupa memiliki 2,500 km rel).

3. Perombakan tata ruang dengan dua tujuan:
– Integrasi antara sistem kepadatan kota dengan sistem angkutan umum. Ini mencakup “Transit Oriented Development” pada kawasan-kawasan sepanjang jalur utama angkutan umum yang sedang dibangun. Tetapi, yang saya maksud dengan integrasi harus lebih menyeluruh, mencakup juga misalnya keterjangkauan seluruh wilayah secara adil, perhatian khusus pada rute yang menyatukan berbagai kegiatan khusus seperti kesenian/kebudayaan, ekonomi kreatif, dan permukiman kaum miskin kota.
– Meningkatkan supply hunian untuk mayoritas pekerja di pusat-pusat kota hingga dua kali persediaan yang ada sekarang. Dengan ini maka kita meningkatkan mobilitas sosial ekonomi mayoritas pekerja Jakarta sambil menekan panjang perjalanan mobilitas fisik.

Perombakan tata ruang tersebut sebenarnya merupakan kunci dari keberhasilan semua kota dunia yang berhasil dalam mobilitas penduduknya. Tetapi di Indonesia selama ini tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh, karena memang paling sulit dan politis. Tetapi, mengapa tidak? Sudah waktunya, dan harus, karena hal itu merupakan kunci.

Sebagai tambahan, tentu saja segala upaya harus dilakukan untuk meningkatkan biaya penggunaan mobil. Ini tetap perlu dilakukan untuk mendorong warga beralih ke sistem angkutan umum yang sudah diperbaiki.

Target kuantitatif yang harus dicapai adalah: menekan biaya transportasi mayoritas pekerja menjadi 10% dari penghasilan dari sekarang yang mencapai antara 15% hingga 30%.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s