MARI REBUT KEMBALI JAKARTA

Mari memiliki Jakarta dengan pertama-tama menguasai imajinasi tentang masa depannya, secara bersama-sama.

 

PENINJAUAN KEMBALI (PK) RENCANA TATA RUANG JAKARTA:

Jumat lalu (13 Mei 2016) pemprov Jakarta umumkan Peninjuan Kembali Rencana Tata Ruang Provinsi Jakarta.
Gubernur menekankan tujuan untuk Jakarta yang lebih baik. Deputy-nya menerangkan bahwa PK ini diperlukan untuk meng-akomodasi proyek-proyek besar seperti kereta api cepat.

Kita setuju Jakarta bisa lebih baik kalau tata ruangnya diperbaiki, bahkan menjadi kunci. Dan sejatinya ini harus terjadi pada dua tingkatan: Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Jakarta dan Rencana Detail Tata Ruang per Kecamatan (RDTR) di seluruh 44 Kecamatan Jakarta. Tapi untuk ini ada tiga syarat:

1. Waktu untuk warga memberikan masukan diperpanjang (di pengumuman hanya dibatasi hingga Juni 2016) minimal hingga akhir September 2016 (Ingat: Juni-Juli: puasa dan lebaran serta liburan sekolah)

2. PK harus menyeluruh, bukan hanya untuk akomodasi proyek pemerintah dan sawasta. Ini sesuai dengan tuntutan undang-undang, bahwa setiap PK seharusnya menyeluruh.

3. Proses masukan dari warga harus terkelola dengan baik. Warga harus berhimpun membahas keadaan di wilayah masing-masing dan keadaan masing-masing, dengan didasari informasi yang cukup yang mudah diperoleh.

Saya merasa seluruh warga Jakarta perlu menuntut tiga syarat/kondisi/proses tersebut. Demi kebaikan kita semua. Pada dasarnya kita memiliki kota kita melalui pertama-tama memiliki imajinasi tentang masa depannya bersama-sama, tidak dikuasai hanya oleh pemerintah dan swasta. Bagaimana menurut Anda?

Marco Kusumawijaya's photo.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s