“Apakah Warga Jakarta Inginkan Jakarta Lebih Lagi daripada Sekarang?”

Pertanyaan di atas saya dapat dari pertemuan dari Kang Yoto (Bupati Bojonegoro yang dikabarkan akan maju juga sebagai bacagub Jakarta) kemarin.

Pertanyaan itu sangat menarik bagi saya, karena kalau kita terbuka maka ia membawa kita kepada perbincangan substansial yang harus mendahului pilihan tentang siapa. Pertanyaan itu juga semestinya dikumandangkan terus kepada kita semua, setiap saat, dalam suatu demokrasi.

Bang Faisal Basri , juga dalam pertemuan itu, mengungkapkan optimismenya pada demokrasi. Demokrasi yang dimanfaatkan dengan cerdas selalu dapat menghasilkan pemimpin yang lebih baik, atau setidaknya yang terbaik dari yang ada, untuk memikul mandat mewujudkan keinginan akan keadaan “yang lebih baik daripada sekarang”.

Saya kira pilkada Jakarta mendatang akan sip banget kalau kita mulai bahas pertanyaan di atas, kita mulai dengan substansi, bukan personalisasi politik kota.

Selamat Hari Buruh! Jangan lupa saudara-saudara kita yang belum punya pekerjaan, atau sudah tapi tak beruntung berstatus buruh berserikat, termasuk yang di luar negeri sebagai TKI. Mari perjuangkan kesejahteraan untuk semua!

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s