KORUPSI TATA RUANG

Salah satu peluang korupsi dalam pengembangan lahan adalah pada permainan KLB (Koefisien Lantai Bangunan), yaitu koefisien antara jumlah luas lantai yang boleh dibangun terhadap luas lahannya. Kalau KLB 5, itu artinya pada lahan itu boleh dibangun jumlah lantai seluas 5 X luas lahannya. Inilah yang disebut kepadatan terbangun.

Daftar terlampir dari Suryono Herlambang. Tidak berarti semua proyek ini korupsi. Ini hanya ilustrasi tentang potensi korupsi.

Pada beberapa lahan lihat bagaimana KLB yang dijinkan di RTRRW2005 malah diturunkan di RTRW 2010, tapi kemudian melonjak tinggi di kenyataan di lapangan (sesudah melalui proses “perijinan” tentunya).

Otoritas mengabulkan permohonan tambahan KLB itu ada pada Gubernur. Ini disebut “discretionary power”. Dan umumnya tidak terbuka. Bisa dibayangkan, bukan?

Dengan sendirinya, untuk mencegah korupsi, sistem “dicretion” ini yang harus dihapus atau diubah.

Pada kota, lebih penting KLB atau FAR (Floor Area Ratio) ini, daripada luas tanah itu sendiri. KLB Jakarta rata-rata masih sangat rendah, yaitu 2, padahal penduduknya banyak. Sedang kota-kota dunia lain sudah sampai 12 KLB-nya, misalnya Hongkong. Artinya bukan jumlah penduduk yang jadi masalah, tapi jumlah KLB yang tak cukup, juga tak didukung infrastruktur yang cukup. Jadi ini berbeda dengan cara pikir sesat yang menarik garis lurus antara peningkatan jumlah penduduk dengan peningkatan jumlah tanah. (Yang menjadi salah satu argumen salah pendukung Reklamasi). Yang harus ditingkatkan adalah KLB, bukan luas tanah.

Dengan mengelola dan lebih memeratakan KLB, maka banyak masalah ketidakadilan ruang dan infrastruktur juga dapat diselesaikan, bila dilengkapi juga dengan pengaturan-pengaturan lainnya, tergantung konteks.

profil super developments di jakarta v1.jpg

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s