JAKARTA TIDAK PADAT. TAPI MACET.

 

Density compared to other cities 20140509 - presentation.jpg

Jakarta tidak padat. Gambar di atas menunjukkan luas Jakarta bisa diperkecil bila kepadatannya disamakan dengan kepadatan di berbagai kota yang berbeda. Jakarta tidak sepadat kota-kota itu.

Tapi mengapa kita merasa kok Jakarta padat banget? Bukankah macet tiap saat? Jalan selalu penuh?

Yang dimaksud kepadatan di gambar di atas tentu kepadatan manusia yang tinggal di dalam wilayah kota Jakarta. Yang kita lihat sehari-hari di jalan adalah kepadatan kendaraan di jalan. Jumlah kendaraan bermotor, terutama mobil, di Jakarta juga tidak banyak sebenarnya. Pada tahun 2014 ada 3.226.009 mobil pribadi di Jakarta, atau 327 mobil per 1,000 penduduk, suatu ratio yang hampir sama dengan Singapura. Jangan bandingkan dengan kota-kota di AS, di mana terdapat 700 HINGGA  800 mobil per 1,000 penduduk. Bedanya adalah di Jakarta tiap mobil itu tiap hari jalan terus karena tidak ada angkutan umum yang baik (dan antara lain dipermudah oleh banyak keluarga kelas menengah punya supir). Jadi kepemilikan rendah, tetapi penggunaan tinggi sekali.

Density drop in CBD 20140509 - presentation.jpg

Sesungguhnya kepadatan di pusat kota Jakarta menurun terus karena perubahan penggunaan lahan menjadi komersial. Gambar kedua menunjukkan hal tersebut. Ini juga faktor penambah “kepadatan” kendaraan yang lalu lalang untuk keperluan commuting dari hunian yang makin jauh dari pusat kota, di mana banyak lapangan pekerjaan berada.

Gambar-gambar dari “A Dream for Jakarta” oleh Sander Bakker, Rik Lambers, Mark van den Ouden, Jonathan de Veen (TU Delft, 2013?)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s