Reklamasi PELINDO di Depan Kampung Nelayan Kalibaru Merugikan

Kalibaru.jpgKemarin bertemu para nelayan di Kalibaru.

Menurut mereka perluasan Pelindo di depan kampung mereka itu merugikan:
– Mengambil tempat di mana dulu mereka menangkap ikan
– Menghalangi akses langsung mereka ke laut (lihat petanya jelas), karena reklamasi itu persis di depan suatu muara kecil tempat perahu-perahu mreka bertambat.
– Tidak ada perundingan atau akomodasi apapun atas kepentingan mereka. (Pejabat yang diajak berbicara sering/cepat diganti)

Kalibaru adalah asal usul banyak kelompok nelayan di tempat-tempat lain, misalnya Muara Angke yang di pantai barat Jakarta.

Saya heran:
– Ini BUMN. Seharusnya alat negara untuk memakmurkan seluruh rakyat.
– Apa iya lokasinya harus di situ? Inilah terkait proses partisipatif seharusnya. Tiap warga negara yang terdampak langsung seharusnya boleh memberikan pendapat, meminta akomodasi, bahkan menolak suatu proyek yang merugikan mereka.
– Apa iya perluasan itu perlu (dan di situ)? Mengingat seringnya kita dengar BUMN yang tidak efisien, kita perlu menanyakan hal tersebut. Ini lagi soal partisipasi. Bila suatu proyek berdampak kritis terhadap masyarakat, suatu proses patisipatif akan menjadi cara penting untuk kritik dan memangkas inefisiensi (dan mungkin juga korupsi).
– Kalaupun benar itu diperlukan, dan merupakan “kepentingan nasional”, seharusnya juga memperlakukan para nelayan sebagai kepentingan nasional. Apa kepentingan nasional yang lebih penting daripada memakmurkan rakyat dan tidak mempersulit mereka mencari nafkah? Ada banyak cara untuk memenuhi kedua “kepentingan nasional” tersebut secara sekaligus, asal mau repot.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s