IRAMA POLITIK

Tiba-tiba menyadari sesuatu yang sederhana.

Suatu komunitas yang selama ini didampingi Rujak Center for Urban Studies meminta developer membangun saluran di kompleksnya, mendapat tanggapan kilat dari gubernur, sesudah perjuangan selama 5  tahun!

Di jaman gubernur sebelumnya, tanggapan juga diperoleh di tahun terakhir jabatannya. Hanya saja, karena tidak terpilih lagi, maka tidak ada kelanjutan. Nah, kalau kepala daerah yang bersangkutan ingin terpilih kembali, kemungkinan hal itu memang menjadi motivasi untuk menanggapi segala hal dari masyarakat, karena ingin mendapatkan suara.

Jangan-jangan memang ada semacam “irama politik” yang harus diikuti oleh kerja-kerja menuntut keadilan, advokasi kebijakan dan segala yang memerlukan tanggapan kepala daerah.

Kalau demikian, maka LSM dan warga perlu menyesuaikan program kerjanya:

  • 3 tahun pertama masa jabatan kepala daerah masing-masing sebaiknya dimanfaatkan untuk mengorganisasikan diri saja, tidak usah menuntut ini-itu, bahkan mungkin tak usah meng-advokasi kebijakan.
  • 2 tahun terakhir masa jabatan kepala daerah baru dimanfaatkan untuk menuntut ini-itu dan bernegosiasi. Ada kemungkinan akan mendapatkan tanggapan yang baik.
  • 1 tahun pertama mungkin berguna untuk “jualan ide” karena kepala daerah yang baru terpilih biasanya mencari ide-ide kemana-mana. Banyak makelar juga berkeliaran, menawarkan akses kepada yang bersangkutan. Kalau pandai, para penjual ide bisa memperoleh kesempatan menindaklanjutinya nanti di tahun-tahun berikutnya, mendapatkan kemitraan dengan kepala daerahnya.
  • 1 tahun terakhir bagi kepala daerah yang masih ingin terpilih kembali bisa juga jadi kesempatan untuk mendekatinya, bila punya ide-ide kongkrit yang segera (jangka pendek).

Kira-kira bagaimana secara kongrit “irama politik” ini dapat diterjemahkan ke dalam kerja-kerja LSM dan organisasi warga? Dipikirkan lebih lanjut. Perlu dicoba juga dengan kasus kongrit.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s