Koalisi

Bukan koalisi partai politik yang saya maksudkan.

Di tengah-tengah lalu lalang pemimpin-pemimpin menerobos kota Jakarta, saling mengunjungi tempat mereka rundingkan kekuasaan, saya terpikirkan perlunya masyarakat juga menyiapkan koalisi-koalisi sebanyak yang diperlukan, yaitu yang memperjuangkan berbagai cita-cita yang kita inginkan.

Misalnya:

Koalisi Sampah, memperjuangkan pengelolaan sampah secara ekologis.

Koalisi Air, yang memperjuangkan konservasi air dan ketersediaan air bersih bagi semua.

Koalisi Perumahan Rakyat, yang memperjuangkan ketersediaan rumah untuk semua lapisan di tengah kota, bukan hanya di tepian kota.

Koalisi Pejalan Kaki dan Angkutan Umum.

Koalisi Kesehatan Rakyat, yang memperjuangkan tersedianya sistem kesehatan masyarakat yang terjangkau semua lapisan.

dan lain-lain…

Bukankah sebenarnya kita banyak tahu apa yang kita kehendaki, yang baik dan lestari? Bukankah selama ini kita sering kecewa karena ternyata para pemimpin tidak peka atau kurang tekun memperjuangkan apa yang baik dan kita inginkan itu? Mereka mungkin tidak merasakan adanya cukup dukungan atau tuntutan, mungkin juga tidak punya cukup pengetahuan  mutakhir bahwa apa yang mungkin (seperti mewujudkan cita-cita ekologis di atas) sebenarnya lebih luas dan mudah daripada apa yang mereka dapat bayangkan sendiri.

Mereka perlu mendengar kita dengan jelas.

Koalisi masyarakat adalah suatu kerja menyuarakan, menuntut, menuntun, memberitahu, dan mencari solusi bersama, yang sebaiknya ekologis.

Belakangan ini kita juga menyaksikan makin banyak aktivis senior menjadi bagian dari pemerintah atau partai politik. Tanpa berspekulasi apakah itu baik atau tidak, jelas diperlukan pemimpin-pemimpin baru dan muda dalam masyarakat sipil yang independen, mungkin juga organisasi-organisasi baru. Pembentukan koalisi-koalisi bisa menjadi cara menghasilkan mereka.

 

 

This entry was posted in Communities, governance, Nature and Environment, Urban Development, Urban Life, Urban Planning and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s