Azab Sengsara Asap

medium_17Kabut-Asap-Bisa-bikin-IQ-anak-riau-jongkok

(Foto dari http://fokusriau.com/berita-kabut-asap-bisa-buat-iq-anak-di-riau-jongkok-.html)

Dari sahabat Dedi Ariandi saya dapat kabar dari Pekanbaru, yang memberikan sedikit jendela untuk merasakan bagaimana keluarga-keluarga menghadapi asap di sana. Ternyata anak-anak akan ujian hari senin besok lusa. Mereka harus konsentrasi belajar sekarang, sementara asap masuk ke rumah-rumah, dan masker makin sulit menyaring kepekatan asap. Saya tidak tahu pasti, tapi saya duga mata pun sedikit perih.

Kita berharap pada hujan, satu-satunya pertolongan yang efektif secara massif, dari alam. Semoga ketergantungan pada alam ini membuat juga kita bisa merasakan apa yang dikehendaki alam, bukan hanya apa yang dikehendaki oleh diri kita sendiri untuk makan lebih banyak minyak goreng.
Kita juga berharap supaya Presiden SBY, yang siang ini akan bertolak ke Sumatera Barat, dan dari sana melalui jalan darat menuju Pekanbaru menempuh 6 jam, akan memimpin rapat dengan efektif untuk ‪#‎MelawanAsap‬ malam nanti.
Namun, kita tahu bahwa segala azab sengsara ini harusnya dicegah, bukan dilawan sesudah terjadi. Sebab, kita tahu betapa terbatas kita ketika bencana ulah manusia ini sudah terjadi.
Kejadian berulang-ulang hampir tiap tahun ini membuat kita sungguh risau: apa yang benar di negeri ini? Atau di dunia ini?
Semoga semua yang mengabdikan hidupnya untuk mencegah bencana-bencana ulah manusia ini mendapatkan kemudahan dan perlindungan.

This entry was posted in Communities, governance, Nature and Environment, Urban Life and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s