Banjir Jakarta Tidak Tergantung Hanya pada Hujan di Jakarta.

hightide 17_18 Januari

Banjir di Jakarta sekaligus tergantung pada curah hujan di Jakarta, di Bogor dan sekitarnya, dan pasang-surut air laut Teluk Jakarta. Tiga sumber air menjadi sebab utama banjir di Jakarta: Hujan di Jakarta, Hujan di Selatan (Bogor dan sekitarnya) DAN PASANG NAIK AIR LAUT.

Jadi warga Jakarta perlu tiap saat diberitahu setidaknya tiga ramalan: Curah Hujan di Jakarta, Curah Hujan di Bogor, dan Ketinggian Air Laut di muka pantai Jakarta.

Ketiganya harus dilihat bersamaan: banjir terbesar terjadi kalau ketiganya terjadi pada waktu bersamaan atu berbeda sedikit.

Kita berharap BMG dan BPBD Jakarta dapat membantu masyarakat untuk setiap saat memberikan ramalan sinkronik dari ketiganya sekaligus.

Seorang pejabat BPBD memberi informasi bahwa BPBD memang sedang membuat suatu permodelan. Nanti akan muncul di http://www.pusdalops.jakarta.go.id (barusan saya cek belum hidup)

Menurut ramalan dari situs ini: http://www.tide-forecast.com/locations/Jakarta/tides/latest maka pasang tertinggi (dalam kurun waktu dari sekarang hingga akhir Februari) akan terjadi pada tanggal 17 Januari pagi jam 08:39 pagi dan tanggal 18 pagi jam 09:14.

Malam sebelumnya, tanggal 16 Januari adalah bulan purnama.

Harap bandingkan dengan ramalan curah hujan di Bogor dan Jakarta pada waktu bersamaan (tanggal 17 dan 18 malam-pagi). Kalau dua-duanya tinggi pada waktu bersamaan atau berbeda beberap jam saja, maka kita harus waspada.

Disclaimer: Saya bukan ahli cuaca. Jadi saya mungkin sekali salah dalam cara membaca ramalan-ramalan ini. Mohon koreksi kalau ada.

This entry was posted in Jakarta, Nature and Environment, Uncategorized, Urban Planning. Bookmark the permalink.

2 Responses to Banjir Jakarta Tidak Tergantung Hanya pada Hujan di Jakarta.

  1. Ya sudah pasti kalau banjir di Jakarta tidak berdiri sendiri jelas ada korelasinya dengan wilayah Bogor dan sekitarnya, salam

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s